Apa itu Web ?


Sejarah WEB
Web pertama kali ditemukan oleh seorang bernama Sir Timothy John “Tim” Berners Lee, dia merancang sebuah situs web bertujuan untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi dengan sesama peneliti di tempatnya bekerja dan juga ingin menemukan cara menyusun arsip-arsip risetnya. Kemudian pada tahun 1991 situs web baru tersambung dengan jaringan untuk pertama kalinya dan 2 tahun berselang pada tanggal 30 April 1993 perusahan CERN(tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa web dapat digunakan secara gratis oleh public.

Pengertian WEB
            World Wide WEB atau yang lebih dikenal dengan WWW merupakan sebuah tempat di internet yang berisikan informasi yang dapat berupa teks, gambar maupun video.
WEB biasanya ditempatkan pada sebuah server yang dapat diakses melalui internet. Gabungan daru semua situs yang dapat diakses public di internet di sebut World Wide Web.
WEB sendiri kadang disebut internet secara total karena berisi informasi yang dibutuhkan manusia tetapi web sendiri adalah hanya sebagian dari internet.

Macam-macam WEB
1.      Web Statis
Merupakan situs web yang tidak dapat diperbarui isinya oleh public, biasanya informasi diperbarui oleh admin dari web tersebut. Contoh dari web statis adalah web yang berhubungan dengan instansi instansi pemerintahan dan negara, sekolah, dan perusahaan.
2.      Web Dinamis
Merupakan situs web yang isinya dapat selalu diperbarui secara berkala oleh public dengan mudah, contoh dari web dinamis adalah seperti forum-forum seperti kaskus dan detik, facebook, situs jual beli,  dan Wikipedia.

Saputro, Hendra W. (2007). Pengertian Website dan Unsur-unsurnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.