Web Smantic



Apa itu Web Smantic ?

Semantic web merupakan pengembangan dari World Wide Web. Pendekatan semantic web mengembangkan bahasa untuk mengekspresikan informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh mesin (machineprocessable). 

Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web.

Web Semantik merujuk kepada keahlian aplikasi komputer untuk lebih mengerti bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para pemakainya tetapi juga bahasa yang lebih rumit, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan si pemakai itu untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

Contoh Web Smantic
Salah satu contoh dari web smantic adalah situs jual-beli seperti olx, tokopedia, bukalapak dan Lazada. Disini kita akan menggunakan salah satu contoh tersebut yaitu tokopedia(www.tokopedia.com).

Kelebihan dari website tokopedia :
- Kita dapat mencari barang yang kita inginkan dengan mudah.
- Memungkinkan kita mencari harga barang dari yang termahal dan termurah.
- Dapat mencari secara spesifik lokasi penjual berdasarkan kota dan provinsi.

Kekurangan dari website tokopedia :
-         - Kita tidak bisa mengecek langsung kondisi barang tersebut.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.