Rangkuman Seminar "How to be a Game Developer"

How to Become Game Developer

Apa itu Game Developer ? 

Pertama-tama kita harus tau apa itu arti Game. Game sendiri adalah suatu yang dapat dimainkan dengan memilki aturan tertentu yang dibuat oleh si programer/pembuat game sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, tujuan bermain game ini bisa untuk bersenang – senang dan mengisi di waktu senggang. Dimana game memiliki macam – macam genrenya. Dibawah merupakan macam – macam jenis game. Nah kalo sudah tau arti game, sekarang apa itu Developer ? Developer adalah sebuah pengembang atau pembuat sesuatu. Berati Game Developer adalah sebuah pengembang atau pembuat game yang mengetahui semua seluk beluk seperti bug, eror, cheat,dll. 

Sekarang apa aja sih jenis-jenis game itu sendiri ? 
  • ·         First Person Shooter 

Jenis game ini FPS ini menampilkan sudut pandan dari orang pertama, biasannya yang apabila kita memainkan jenis game ini hanya terlihat bagian tangan dan senjatanya saja. Contoh game jenis ini Counter Strike, Point Blank, dll.
  • ·         Real Time Strategy 

Game jenis ini lebih menekankan pada kehebatan strategi pemainnya, dan biasannya pemain tidak hanya menggunakan satu karakter dalam game ini akan tetapi memainkan lebih dari 1.
  • ·         Adventure

Game jenis petuualangan ini pemainnya dituntut dalam kemampuan berfikirnya untuk menganalisa tempat secara visual, memecahkan sebuah teka – teki maupun menyimpulkan rangakain peristiwa.
  • ·         Fighting


Game jenis ini menuntut para pemainnya untuk lincah, cepat tanggap dan respon yang baik. Sedikit berbeda dari game fighting lainnya yang hanya melawan AI atau komputer saja, melainkan game ini akan teruji jika peain sudah bisa mengalahkan pemain lainnya dengan kata lain game ini merupakan game multi player.

Pelaku Industri dalam Game
  1. Game Developer 

    Game developer merupakan orang atau sekelompok orang yang membuat sebuah game. Salah satu contoh dari game developer yaitu Altermyth. 
  2. Publisher

    Game Developer juga tidak dapat berdiri sendiri, game developer juga membutuhkan publisher yang berfungsi sebagai promotor/menerbitkan game tersebut. Publisher merupakan suatu perusahaan yang berfungsi untuk memasarkan game yang dibuat oleh game developer Game developer dan publisher saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.. Contoh publisher yaitu Lyto, Gemscool, dan Konami. 
  1. Market Place

    Market Place merupakan suatu perusahaan yang menyediakan tempat untuk menjual dan memasarkan game – game yang telah dibuat. Contoh market place yaitu Steam, playstore, dan appstore.

  2. Media

    Media merupakan suatu perusahaan yang berfungsi untuk mempublikasikan game. Contoh dari media yaitu siliconera, gamenesia, dan IGN.  

  3. Ads

    Ads merupakan sebuah perusahaan yang menaruh atau meletakan iklan didalam game tersebut. Contoh dari ads yaitu admob, AD colony, dan youAPPI.

  4.  Payment Gateway
    Payment Gateway adalah sebuah perusahaan yang menyediakan kebutuhan yang ada didalam game. Contoh dari Payment Gateway yaitu unipin, codashop dan mogpay.
  5. Venture Capital

    Venture Capital merupakan sebuah perusahaan yang menginvestasikan sahamnya kedalam game yang dibuat oleh para developer game. Contohnya Skystat Ventures, Cyber Agent Ventures dan Fast Ventures.

  6. Gamer 

    Gamer merupakan orang yang terpenting dalam kesuksesan pembuatan suatu game dikarenakan apabila game tersebut memilki banyak pemain maka game tersebut bisa dikatakan sudah berhasil.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.