Demokrasi Digital

2.1    Konsep Demokrasi Digital
Demokrasi digital mempunyai arti bahwa orang dapat berpendapat bebas di sebuah media informasi sebagai bentuk partisipasi politik atau penggalangan dukungan publik. Demokrasi akan terus menyebar, mengakar dan tumbuh dibandingkan dengan sejarah demokrasi pada abad sebelumnya. Masyarakat bisa dengan mudah mengkritik pemerintah melalui status maupun “Meme” yang dibuat selucu mungkin di sosial media. Demokrasi digital memiliki beberapa sifat di antaranya adalah sifatnya yang interaktif di mana semua warga negara bisa berdialog secara langsung melalui dunia maya.
2.2    Ruang Publik Tradisional
Di berbagai daerah di Indonesia, media komunikasi tradisional tampil dalam berbagai bentuk dan sifat, sejalan dengan variasi kebudayaan yang ada di daerah-daerah itu.
Media tradisional dikenal juga sebagai media rakyat. Dalam pengertian yang lebih sempit, media ini sering juga disebut sebagai kesenian rakyat. Dalam hubungan ini Coseteng dan Nemenzo (dalam Jahi, 1988) mendefinisikan media tradisional sebagai bentuk-bentuk verbal, gerakan, lisan dan visual yang dikenal atau diakrabi rakyat, diterima oleh mereka, dan diperdengarkan atau dipertunjukkan oleh dan/atau untuk mereka dengan maksud menghibur, memaklumkan, menjelaskan, mengajar, dan mendidik.
Ragam Media Tradisional :
  1. Cerita prosa rakyat
  2. Puisi rakyat
  3. Nyanyian rakyat
  4. Teater rakyat
  5. Gerak isyarat
  6. Alat musik tradisional
2.2.1    Fungsi Media Tradisional
  1. Sebagai sistem proyeksi
  2. Sebagai penguat adat masyarakat
  3. Sebagai alat pendidik
  4. Sebagai alat pengendali sosial agar norma - norma masyarakat dipatuhi
2.3 Ruang Publik Digital : Internet dan Ponsel
2.3.1 Internet
Internet (interconnection networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Manfaat internet :
1.      Menambah wawasan dan pengetahuan
2.      Komunikasi menjadi lebih cepat
3.      Internet sebagai wahana hiburan
2.3.2 Ponsel
Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat dibawa ke mana-mana  dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Ponsel biasanya dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti kemampuan untuk menangkap siaran radio, perangkat lunak pemutar audio dan video, kamera digital, dan game.
Manfaat ponsel :
1.      Sebagai alat komunikasi
2.      Hiburan
3.      Sebagai alat penyimpanan data

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.