After New Media



2.1  Pengertian New Media
           Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

2.2  Manfaat New Media
Ø Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini tentu saja sangat bermanfaat sangat besar dan dirasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Jadi dalam bidang pendidikan ini kita bisa mengurangi biaya dalam membeli buku karena kita bisa mendowload suatu buku digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang kita perlukan dan filenya bisa disimpan jadi lebih simple dan praktis.
Ø Bidang Kesehatan
Dalam bidang ini banyak sekali manfaat yang dirasakan langsung oleh orang yang sedang sakit atau orang ynag ingin mencari suatu bahan alami untuk menjaga kesehatan biasanya orang mengakses website yang isinya resep obat tradisional.
Ø Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini tentu sangat berguna untuk orang-orang yang ingin mencari pekerjaan, karena lewat new media ini kita dapat mengetahui lowongan pekerjaan tanpa harus membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap perusahaan punya website yang dimana didalam website tersebut terdapat dafta calon pelamar  kerja.
Ø Bidang Jual Beli
Bidang yang paling banyak diakses orang-orang manfaatnya bisa dirasakan pembeli dengan cara melihat gambar barang lalu melihat kode barang dan kode post jadi tidak perlu datang ke store yang menjual barang tersebut. Transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan ATM bersama ,adapun penjual tersebut bisa menjual barangnya kemana pun dan menggunakan jasa pengiriman namun terkadang kualitas barang tidak sesuai dengan photo yang dimana harus waspada terhadap penipuan.
Ø Bidang Sosial
Bidang yang paling banyak diakses oleh orang-orang karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakukan kegiatan sosial salah satunya adalah facebook, instagram, line, twitter, dll. Dalam sebuah website tentang sosial kita bisa bersilatuhrami ataupun berkenalan dengan orang lain tidak hanya bisa chatan tetapi juga bisa mengirim photo, video, dll.

2.2  Efek  Yang Ditimbulkan New Media
Ø Dampak Positif
1.      Semakin mudah mencari suatu informasi.
2.      Dapat mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan.
3.      Bisa sharing informasi dengan orang yang jauh.
4.      Sebagai media tempat pekerjaan.
5.      Wadah untuk berbisnis.
Ø Dampak Negatif
1.      Rasa sosial terhadap lingkungan sekitar menjadi acuh.
2.      Terjadi polusi informasi.
3.      Awal mula kriminalitas.
4.      Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif.
5.      Merebaknya kejahatan teknologi sepeerti hak cipta, kejahatan maya.


2.3  Aplikasi New Media
Ø Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
Ø Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
Ø Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.


2.4  Contoh Aplikasi Internet New Media
Ø  Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
Ø  CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Ø  Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Ø  Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
Ø  BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.