After New Media
2.1 Pengertian
New Media
Media
Baru adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan
digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara
manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya
adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang
menggunakan komputer sebagai medianya.
2.2 Manfaat New
Media
Ø Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini tentu saja sangat bermanfaat sangat besar dan dirasakan sekali oleh
para pelajar atau mahasiswa. Jadi dalam bidang pendidikan ini kita bisa
mengurangi biaya dalam membeli buku karena kita bisa mendowload suatu buku
digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang kita perlukan dan filenya
bisa disimpan jadi lebih simple dan praktis.
Ø Bidang Kesehatan
Dalam
bidang ini banyak sekali manfaat yang dirasakan langsung oleh orang yang sedang
sakit atau orang ynag ingin mencari suatu bahan alami untuk menjaga kesehatan
biasanya orang mengakses website yang isinya resep obat tradisional.
Ø Bidang Pencarian Kerja
Dalam
bidang ini tentu sangat berguna untuk orang-orang yang ingin mencari pekerjaan,
karena lewat new media ini kita dapat mengetahui lowongan pekerjaan tanpa harus
membeli koran atau keliling ke tempat perusahaan. Karena biasanya setiap
perusahaan punya website yang dimana didalam website tersebut terdapat dafta
calon pelamar kerja.
Ø Bidang Jual Beli
Bidang
yang paling banyak diakses orang-orang manfaatnya bisa dirasakan pembeli dengan
cara melihat gambar barang lalu melihat kode barang dan kode post jadi tidak
perlu datang ke store yang menjual barang tersebut. Transaksi bisa dilakukan
dengan menggunakan ATM bersama ,adapun penjual tersebut bisa menjual barangnya
kemana pun dan menggunakan jasa pengiriman namun terkadang kualitas barang
tidak sesuai dengan photo yang dimana harus waspada terhadap penipuan.
Ø Bidang Sosial
Bidang
yang paling banyak diakses oleh orang-orang karena banyak sekali website yang
bisa kita akses untuk melakukan kegiatan sosial salah satunya adalah facebook,
instagram, line, twitter, dll. Dalam sebuah website tentang sosial kita bisa
bersilatuhrami ataupun berkenalan dengan orang lain tidak hanya bisa chatan
tetapi juga bisa mengirim photo, video, dll.
2.2 Efek
Yang Ditimbulkan New Media
Ø Dampak Positif
1.
Semakin mudah mencari
suatu informasi.
2.
Dapat mendapatkan
informasi yang tidak ada di perpustakaan.
3.
Bisa sharing informasi
dengan orang yang jauh.
4.
Sebagai media tempat
pekerjaan.
5.
Wadah untuk berbisnis.
Ø Dampak Negatif
1.
Rasa sosial terhadap
lingkungan sekitar menjadi acuh.
2.
Terjadi polusi informasi.
3.
Awal mula kriminalitas.
4.
Tumbuhnya sikap hedonisme
dan konsumtif.
5.
Merebaknya kejahatan
teknologi sepeerti hak cipta, kejahatan maya.
2.3 Aplikasi New Media
Ø Jejaring Sosial
Contoh
aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo
messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi
masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload
photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah,
cepat dan mudah.
Ø Online Shop
Produk
produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah
sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop
melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik
perhatian konsumen secara cepat.
Ø Informasi/Pendidikan
Untuk
mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media
yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog
ataupun website website lain nya.
2.4 Contoh Aplikasi Internet New Media
Ø Google,
Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian
sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
Ø CNN,
BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan
berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Ø Youtube, seleb.tv,
metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Ø Twitter,
Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog
dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan
kepata publik.
Ø BSE, e-dukasi.net,
ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa
pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku
elektronik (e-book).
Tidak ada komentar: