Cloud Computing


Apa itu Cloud Computing ?

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan

1. Efisien Biaya
Perusahaan yang menggunakan cloud computing tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk alokasi hardware. Cloud Computing tidak sangat sedikit menggunakan biaya, karena tidak perlu melakukan maintanance dan mengurangi penggunaan listrik.

2. Akses Mudah
Tidak perlu menggunakan komputer untuk menyimpan data, karena data yang digunakan akan tersimpan didalam server. Sehingga ketika kita berada dimanapun akan bisa mengakses.

3. Fleksibilitas untuk menambah kapasitas
Penambahan komputer tidak perlu dilakukan, dengan melakukan self-provisioning hanya dalam hitungan menit kapatasitas yang ditambahkan siap digunakan.

4. Manajemen sistem dan monitoring
Proses ini akan lebih mudah karena sudah terkoneksi dengan  web portal pelanggan. Dashboard bisa digunakan untuk melihat status server.

5. Meningkatkan availability dan ketersediaan data
Sistem yang digunakan cloud sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.


Kekurangan

Salah satu penyebab yang menjadi Cloud Computing sukses menjalankan tugasnya adalah dengan adanya koneksi internet. Jika tidak ada koneksi internet jangan berharap untuk bisa menggunakan komputasi awan. Hal ini yang menjadi penyebab atau hambatan perusahaan yang menggunakan teknologi komputasi awan tidak bisa eksis di daerah yang belum terintegrasi internet. Indonesia menjadi salah satu negara yang semua daerahnya belum terjangkau koneksi internet.

Merujuk kepada (Robbins, 2009), resiko yang harus dihadapi user dalam penggunaan Cloud Computing ini antara lain:
(1) Service level, artinya kemungkinanservice performance yang kurang konsisten dari provider.Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan datarecovery,

(2) Privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hostingdilakukan secara bersama-sama,

(3) Compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user,

(4) Data ownership,  mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalamcloud,

(5) Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antarcloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloudComputing.

Perusahaan yang Menggunakan Cloud Computing

XL AXIATA
XL sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi selular terdepan di Indonesia menyediakan beragam layanan dengan berbasis teknologi jaringan GSM. Komitmen XL untuk terus memberikan kualitas layanan yang handal dan tepat guna akan kebutuhan pelanggan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.
Salah satu solusi layanan yang telah dikembangkan XL dalam mempermudah anda dalam aktifitas dan bisnis pribadi atau koporat adalah dengan menggunakan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan.

Produk :
1. XCloud Server
Fasilitas yang disediakan oleh XL Axiata :
Pilih jenis server maupun kapasitas sesuai kebutuhan anda
Server anda siap hanya dalam hitungan menit
Virtualisasi dengan menggunakan teknologi VMware
Akses online untuk pengaturan dan open API
Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global.

2. XCloud Storage
Fasilitas yang disediakan oleh XL Axiata :
Storage dengan performa tinggi dan redundan yang dapat diakses secara online berbasiskan teknologi SAN.
Kapasitas

Daftar Referensi :
http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
https://www.nesabamedia.com/pengertian-cloud-computing/
https://okkypratamaaero17.wordpress.com/2017/03/29/contoh-perusahaan-yang-menggunakan-cloud-computing/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.