Sistem Terdistribusi


Sistem Terdistribusi
Sistem Terdistribusi terdiri dari dua kata yaitu “ Sistem” dan “Terdistribusi”. Sistem terdistribusi merupakan sekumpulan elemen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membentuk satu kesatuan untuk menyelesaikan satu tujuan yang spesifik atau menjalankan seperangkat fungsi. Adapun terdistribusi berasal dari kata “distribusi” yang merupakan lawan kata “sentralisasi” yang artinya penyebaran, sirkulasi, penyerahan, pembagian menjadi bagian-bagian kecil. Berawal dari pengertian kata-kata pembentuknya, Sistem Terdistribusi dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data (Maseleno, 2003).

Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak saling berbagi memori atau clock dan terhubung melalui jaringan komunikasi yang bervariasi, yaitu melalui Local Area Network ataupun melalui Wide Area Network dan dilengkapi dengan sistem software tedistribusi untuk membentuk fasilitas komputer terintegrasi.

Contoh Sistem Terdistribusi :

1.     1.Intranet
Itranet adalah  Jaringan (proprietary) yang teradministrasi secara lokal dan bisa terhubung ke internet melalui firewall juga adanya layanan internal dan juga eksternal didalamnya.

2.     Internet
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer satu sama lain dan bisa berkomunikasi dengan media IP sebagai protokol.
3.     World Wide Web

World Wide Web (www) Arsiteketur client/server terbuka yang diterapkan di atas infrastuktur internet dan juga shared resources melalui URL.

4.     Mobile dan sistem komputasi ubiguitos
Sistem telepon Celullar (e.g. GSM) re. Resources yaang dishare : frekuensi radio, waktu transmisi dalam satu frekuensi, komputer laptop, bergerak, handheld devices, ubiquitos computing, PDA, etc.

5.     Sistem terdistribusi multimedia
System terdistribusi ini biasanya digunakan pada infrastruktur internet
-karakteristik. Sumber data yang heterogen dan juga memerlukan sinkronisasi secara real time
-video, audio, text Multicast.
 -Teletaching tools (mbone-based, etc.)
-Video-conferencing
-Video and audio on demand

Tujuam Sistem Terdistribusi
Sistem terdistribusi dibangun untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai, diantaranya :
  • Untuk memberikan akses bagi pengguna untuk dapat mengembangkan sumber daya sistem.
  • Peningkatan kecepatan komputasi.
  • meningkatkan availibilitas atau ketersediaan dan reliabilitas data.
  • Mengatasi bottleneck : Dimana tumpukan pekerjaan pada suatu terminal dapat didistribusikan ke terminal-terminal lain.
  • Mendukung layanan : Misalnya layanan penjualan dengan menggunakan terminal-terminal yang tersebar diberbagai tempat.
  • Mendukung sistem kerja jarak jauh : Misalnya sistem kerja small office home office yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah sehingga tidak harus datang kekantor.
  • Memudahkan kerja kelompok : Dengan memudahkan data sharing dan tetap memungkinkan kerjasama walaupun letak anggota kelompok berjauhan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.