Tentang Jeff Bezos dan Amazon


Pendahuluan

Semakin berkembenganya teknologi semakin memberikan kemudahan dalam segala hal seperti transaksi jual beli, kita tidak harus keluar rumah untuk membeli barang yang kita perlukan cukup menggunakan internet kita dapat membeli barang yang kita mau dan barang akan di kirim ke rumah. Salah satu perusahaan atau toko online yang paling terkenal saat ini adalah Amazon. Amazon adalah sebuah perusahaan e-commerce paling bernilai no.1 di dunia yang didirikan tahun 1994 oleh Jeff Bezos yang kemudian dipublikasikan tahun 1995. Awal mula toko online ini adalah Cadabra pada tahun 1995 kemudian ditahun yang sama diganti menjadi Amazon karena kurang menjual.

Pada awal berdirinya Jeff Bezos menjual buku, software, video, hardware computer dan CD. Penjualan yang paling pesat pada awal berdirinya amazon adalah buku karena pada saat itu masih banyak orang yang masih membaca buku dan permintaannya sangat banyak.

Investopedia mencatat, pada awal berdiri perkembangan amazon investor banyak menanam saham disini tetapi perkembangannya sangat lambat sehingga banyak investor menjual sahamnya ditambah pada tahun 2000 muncul fenomena dotcom bubble karena banyak spekulan berinvestasi di perusahaan internet sehingga terjadi bubble tetapi perusahaan Jeff Bezos ini berhasil selamat dari fenomena tersebuh. Amazon selamat karena Jeff Bezos terfokus pada brand daripada profit. 

            Jenis Layanan Amazon

Seiring berkembangnya tekonologi dan perusahaan, Amazon menyediakan berbagai macam layanan dibidang teknologi untuk menarik investor agar menanam sahamnya. Berikut adalah jenis-jenis layanan yang disediakan Amazon.

1.     Cloud
Amazon Web Service (AWS) adalah layanan cloud computing yang dibuat oleh Amazon pada tahun 2002. Amazon Web Service menyediakan kelebihan layanan yang saling terintegrasi dan mudah dikustomisasi serta jaminan keamanan dan efisien sehingga banyak digunakan pada saat sekarang. Salah satu layanan pada Amazon Web Sevice adalah Amazon Elastic Compute Cloud yaitu platform berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi atau dikembangkan menggunakan prinsip cluster dan load balance. Pada saat ini Amazon merencanakan akan membuka data center di Indonesia, amazon menargetkan layanan data center ini akan beroperasi pada akhir 2021 atau awal tahun 2022.

Dibawah ini adalah data belanja cloud berdasarkan penyedia layanan


2.     Amazon Alexa
Amazon Alexa adalah asisten digital yang dibuat oleh amazon yang hampir serupa dengan Siri pada Apple dan Cortana pada Windows. Teknologi ini dikenalkan pada 2014 silam, Amazon Alexa sudah ada pada produk Echo milik Amazon dan produk smartphone.
Alexa sendiri terinsiprasi dari Star Trek, kata “alexa” karena symbol “x” lebih mudah dikenali sebagai fitur pengenalan suara dan penghormatan kepada perpustakaan di Alexandria.

Cara kerja Amazon Alexa. 

Profit Amazon 

Sebagai perusahaan besar yang mencakup seluruh dunia dan memiliki jumlah karyawan hingga 500.000 karyawan Amazon pastinya memperoleh profit yang sangat-sangat besar sehingga sang owner berhasil memasuki terkaya nomor 1 mengalahkan Bill Gates yang sama-sama bergerak dibidang teknologi pada tahun 2018 tetapi Amazon tidak selalu mendapat profit plus, seperti pada tahun 2014 Amazon mendapatkan minus. Berikut adalah data profit yang dipublish oleh Amazon.

            Lain-lain
          Jeff Bezos mengalahkan kekayaan Bill Gates pada tahun 2018 dan Jeff Bezos termasuk CEO paling berpengaruh di dunia Bersama Mark Zuckenburg(Facebook) dan Jack Ma(Alibaba).
Amazon menjadi perusahaan paling bernilai di dunia tahun 2019 setelah mengalahkan Microsoft, nilai perusahaan ini ditaksir mencapai US$796,8 miliar atau setara Rp 11.155,2 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) pada bursa saham.







    Daftar Pustaka









Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.